Peran Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Critical Thinking Siswa SMK
Diterbitkan
2025-05-03
Issue
Section
Articles
Pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning/PBL) memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui penyelesaian situasi nyata yang kompleks. Dalam konteks SMK, pendekatan ini mampu menstimulasi analisis, evaluasi, dan pengambilan keputusan, terutama dalam pelajaran kejuruan yang menuntut solusi praktis. Studi yang diterapkan pada siswa kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis setelah penerapan model PBL selama tiga siklus pembelajaran. Faktor keberhasilan ditunjang oleh peran guru sebagai fasilitator, kualitas masalah yang disajikan, serta keterlibatan aktif siswa dalam diskusi kelompok.
Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh SMK Dharma Siswa . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Jl. Teuku Umar No. 76 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Kota Tangerang
Telepon: 021-5572-4005