Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK: Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian RPL

Authors

  • Ahmad Yusuf Ramadhan, M.Kom. SMK Dharma Siswa, Tangerang, Indonesia

Keywords:

Kurikulum Merdeka, SMK, RPL, pembelajaran berbasis proyek, evaluasi kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Fokus utama penelitian ini mencakup aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan keterlibatan industri dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan ruang lebih luas bagi pengembangan keterampilan teknis dan karakter siswa. Namun, tantangan masih muncul dalam kesiapan guru, integrasi dunia industri, dan pengelolaan waktu proyek. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi pengambil kebijakan pendidikan vokasi dalam menyempurnakan desain dan pelaksanaan kurikulum yang adaptif dan kontekstual.

Diterbitkan

2025-05-03