Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK: Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian RPL
Diterbitkan
2025-05-03
Issue
Section
Articles
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Fokus utama penelitian ini mencakup aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, dan keterlibatan industri dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan ruang lebih luas bagi pengembangan keterampilan teknis dan karakter siswa. Namun, tantangan masih muncul dalam kesiapan guru, integrasi dunia industri, dan pengelolaan waktu proyek. Temuan ini memberikan gambaran penting bagi pengambil kebijakan pendidikan vokasi dalam menyempurnakan desain dan pelaksanaan kurikulum yang adaptif dan kontekstual.
Vokasionalita: Jurnal Riset Pendidikan Vokasi dan Industri adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh SMK Dharma Siswa . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Jl. Teuku Umar No. 76 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Kota Tangerang
Telepon: 021-5572-4005