Efektivitas E-Learning Berbasis Proyek untuk Siswa Kejuruan di Era Digital

Authors

  • Rina Maulida, S.Pd., M.Pd. SMK Dharma Siswa, Tangerang, Indonesia

Keywords:

e-learning, project-based learning, pendidikan kejuruan, digitalisasi, keterampilan abad 21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi e-learning berbasis proyek (project-based e-learning) dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa kejuruan di era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu pada siswa SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, observasi aktivitas pembelajaran, serta kuesioner kepuasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini mampu meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan, serta mendorong kemampuan kolaboratif dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan proyek digital. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi informasi dengan pendekatan berbasis proyek dapat menjadi strategi yang efektif dalam pendidikan vokasional untuk menyiapkan lulusan yang adaptif terhadap tuntutan industri 4.0.

Diterbitkan

2025-05-03