Efektivitas E-Learning Berbasis Proyek untuk Siswa Kejuruan di Era Digital
Diterbitkan
2025-05-03
Issue
Section
Articles
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas implementasi e-learning berbasis proyek (project-based e-learning) dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa kejuruan di era digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu pada siswa SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, observasi aktivitas pembelajaran, serta kuesioner kepuasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini mampu meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan, serta mendorong kemampuan kolaboratif dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan proyek digital. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi informasi dengan pendekatan berbasis proyek dapat menjadi strategi yang efektif dalam pendidikan vokasional untuk menyiapkan lulusan yang adaptif terhadap tuntutan industri 4.0.
Vokasionalita: Jurnal Riset Pendidikan Vokasi dan Industri adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh SMK Dharma Siswa . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Jl. Teuku Umar No. 76 Kel. Nusa Jaya Kec. Karawaci Kota Tangerang
Telepon: 021-5572-4005